Mengisi Waktu Luang yang Menghasilkan Uang

Ada banyak cara orang menghasilkan uang dari internet, diantaranya ada yang dengan berjualan online secara dropship, google adsense, affiliasi, membua konten youtube atau bahasa kerennya menjadi youtuber, dan masih banyak lagi, tapi yang akan saya bahas disini adalah cara menghasilkan uang dengan menjual foto, video (footage) atau vektor di microstock.

Menghasilkan uang di internet bagi sebagian orang memang terlihat mudah, seringkali kita melihat teman atau orang yang kita kenal di dunia maya memamerkan penghasilannya melalui internet dengan angka yang cukup fantastis. Hal itulah yang membuat kita menjadi penasaran bagaimana cara menghasilkan uang di internet. Sebenarnya kita bisa saja seperti mereka yang menghasilkan uang di internet dengan hanya mengisi waktu luang saja bahkan sebagian mereka masih bekerja di sebuah perusahaan atau instansi. Apakah itu mudah, tentu saja mudah kelihatannya tapi mereka yang sudah menghasilkan ribuan bahkan ratusan ribu dollar lewat internet sudah berjuang sangat keras dan mengalami jatuh bangun yang kita tidak tau bagaimana perjalannanya.

Ada banyak situs microstock yang bisa kita daftarkan untuk berjualan hasil karya kita diantaranya adalah Shutterstock, Adobe Stock, Freepik, dan lain-lain masih banyak lagi silahkan teman-teman cari sendiri di google. Tapi rekomendasi saya ketika mau memulai bagi yang baru memulai awali di shutterstock karena reviewnya cepat dan lebih mudah aprovalnya.

Untuk mendaftar di Shutterstock cukup mudah, hanya masuk ke web contributor Shutterstock kemudian klik sign up atau daftar dan ikuti langkah-langkahnya mengisi data yang diperlukan dan sekarang tidak perlu lagi menggunakan pasport untuk mendaftar jadi lebih mudah. silahkan klik link dibawah jika ingin mendaftar. Link ini link referal saya, jika teman-teman tidak keberatan silahkan gunakan link berikut untuk mendaftar. https://submit.shutterstock.com/?ref=191805492

Setelah mendaftar silahkan teman-teman upload foto atau vektor yang sudah dibuat dengan cara upload, pilih porfolio > upload dan klik select multiple image. Untuk mengupload foto teman-teman hanya memerlukan foto dengan ukuran minimal 4MP atau 2000 X 2000 pixel. Begitu juga ketika mau mengupload vektor kita harus membuat ukuran artboard di Adobe Illustrator dengan ukuran minimal 2000 X 2000 pixel atau 4MP dengan format .eps. Peraturan yang baru tidak memerlukan gambar jpeg untuk mengupload vektor hanya ukurannya diperbesar menjadi minimal 4MP ukuran artboard.

cara upload foto di shutterstock
cara upload foto/vector di Shutterstock

Buat teman-teman yang memiliki HP dengan kamera minimal 12MP maka ini kesempatan untuk menghasilkan uang dengan mengisi waktu luang hanya bermodalkan kamera HP bisa langsung upload atau submit foto kita lewat HP melalui aplikasi yang disediakan oleh Shutterstock dengan mencari nama aplikasinya shutterstock contributor. Atau jika ingin lebih optimal lagi silahkan pakai kamera DSLR buat yang sudah memiliki. Nah untuk yang ingin upload vector ada beberapa syarat vector yang diterima di Shutterstock. Untuk yang satu ini akan saya bahas di artikel lainnya, termasuk bagaimana caranya agar bisa upload vector kalau kita menggunakan coreldraw atau inkscape,

Semoga tulisan diatas dapat membantu teman-teman untuk menghasilkan uang dari internet meskipun hanya dengan memanfaatkan waktu luang, terlebih bagi yang memiliki kesibukan baik yang bekerja atau masih sekolah atau kuliah. Terimakasih sudah mampir ke blog saya semoga mendapatkan manfaat dari tulisan-tulisan saya. Kurang lebihnya saya memohon maaf dan sampai jumpa di postingan saya berikutnya. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar, insya Allah akan segera saya balas dan saya jawab semampu saya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*